Beranda | Artikel
Aqidah Ahlussunnah Dalam Memahami Takdir Allah Bagian 2 - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)
Senin, 30 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Aqidah Ahlussunnah Dalam Memahami Takdir Allah Bagian 2 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Kitab Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah karya Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 20 Rajab 1439 H / 06 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Aqidah Ahlussunnah Dalam Memahami Takdir Allah – Kitab Al-Ibanah

Kajian Aqidah Ahlussunnah Tentang Aqidah Ahlussunnah Dalam Memahami Takdir Allah Bagian 2 – Kitab Al-Ibanah

Segala sesuatu telah ditentukan dan sudah ditulis oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Kemudian takdir tersebut dirinci lagi diwaktu seorang masih menjadi janin didalam perut ibunya. Maka ditentukan ajalnya, amalannya, rejekinya, umurnya dan akhlaknya. Ditentukan juga apakah dia orang yang baik atau orang yang sengsara. Semua itu tidak mungkin bisa dirubah kecuali jika akhlaknya berubah.

Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan merubah apa yang telah ditakdirkan kecuali dengan yang Allah takdirkan menjadi sebab perubahan itu. Allah ciptakan manusia sesuai dengan fitrah. Bila seorang tersebut lahir ke permukaan bumi dan tumbuh dilingkungan yang baik, maka dia akan tumbuh besar menjadi orang yang baik. Tapi bila lingkungannya adalah orang-orang yang tidak baik dan tidak memiliki akhlak yang mulia, maka anak tersebut akan terpengaruh sehingga berubah. Dan itu adalah sebab. Semua sebab itu juga telah ditakdirkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Akhlak yang baik dan sebab untuk mendapatkan sebab yang baik atau seseoang diciptakan oleh Allah memiliki akhlak yang mulia, itu juga takdir yang telah ditentukan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Aqidah Ahlussunnah Dalam Memahami Takdir Allah Bagian 2 – Kitab Al-Ibanah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31013-aqidah-ahlussunnah-dalam-memahami-takdir-allah-bagian-2-kitab-al-ibanah-ustadz-dr-muhammad-nur-ihsan-m/